Skip to main content

Wisata Edukasi

Wisata Edukasi Kelas 7
19 Oktober 2017

Ini hari yang akan diingat kita untuk sangat lama, inilah hari dimana kelas 7 melaksanakan wisata edukasi di PUSPITEK.  Seluruh kelas 7 sudah menunggu hari ini dengan lama, kita sudah bersiap-siap dari minggu kemarin. Kita diinstruksikan untuk membawa jas lab, baju angkatan, baju batik untuk hari kamis, snack/cemilan-cemilan secukupnya, papan jalan, dan alat tulis.
        Pada pukul 06.30, kami semua berkumpul. Kita disambut oleh para guru-guru, panitia, dan kepala sekolah SMP Labschool Jakarta. Mereka memberi sambutan yang sangat menginspirasi saya dan semua orang ber-do’a kepada kepercayaannya masing-masing untuk keselamatan kita di perjalanan. Setelah itu, kami dipandu oleh wali kelas dan guru-guru untuk ke bus kita masing-masing.
        Kelas 7B dipandu ke bus nomor dua dan Bus yang kami lihat adalah bus Po.Panorama dengan mesin MB OH-1256 dan dibalut dengan body Jetbus 2 HD dan konfigurasi kursi 2-2. Saat di bus, kita diabsen oleh wali kelas kita yaitu Pak Kasdi dan kita didampingi juga oleh Bu Ana. Mereka bilang kami akan sampai pada sekitar pukul 9.30 ke PUSPITEK.
        Pada sekitar jam 06.45, kita berangkat dan kebanyakan teman-teman saya berada di belakang bus, jadi saya mengikuti mereka dan duduk di belakang bus. Dibelakang sangat seru karena semuanya bercanda dan memakan snack. Kita sampai pada jalan tol pada sekitar jam 07.15 dan kita bermain permainan kartu yang bernama Werewolf dibelakang. Kami juga mendapatkan roti Jessy Bread berasa coklat untuk makan pagi.
       Saat sampai di kawasan PUSPITEK pada pukul 9.30, kami turun dari bus dan menerima LKS atau lembar kerja siswa. Kita pertama-tama disambut oleh panitia dari PUSPITEK bersama dan ditunjukkan video tentang sejarah dan prestasi-prestasi PUSPITEK di seluruh dunia. Setelah itu, kelas 7 berpisah dan ditunjukkan ke laboratorium masing-masing kelas. 7B mendapatkan laboratorium kimia atau disebut P2K-LIPI.
       Perjalanan ke laboratorium kimia adalah sekitar 5 menit, dan kami diinstruksikan untuk memakai jas lab dan saat sampai, kami disambut lagi dengan panitia laboratorium kimia. Kelas 7B dipecahkan menjadi 2 kelompok karena akan sangat sempit jika 38 orang berada di satu ruangan.

Kelompok saya pertama-tama menelusuri lantai pertama dan kelompok kedua keatas untuk menulusuri lantai kedua. Kelompok saya pertama-tama memasuki ruangan dan kenalan dengan salah satu teknisi laboratorium kimia PUSPITEK, dan mesin didalamnya adalah HTLC atau kepanjangannya yaitu High Performance Liquid Chromatography. Mesin itu berfungsi untuk memisahkan unsur dari senyawa dan mereka bisa melihat zat-zat apa yang ada didalam unsur/senyawa itu.
           Mesin lain yang kita lihat yaitu, GCMS (Gas Chromatography Mass Spectrum/Spectrometry), NMR (Nuclear Magnetic Resonance), dan TLC. Setelah itu, kami berpisah dengan laboratorium kimia dan PUSPITEK.
           Kita menuju ke TMII pada sekitar pukul 11.30 dan sampai pada sekitar pukul 12.15. Saat turun dari bus, kita diinstruksikan untuk sholat zhuhur di masjid Pangeran Diponegoro, TMII dan saat kami sholat zhuhur, ada ketua kelas kami (Arya) dan Pak Agung malah melihat-melihat sekitar dan takjub melihat bus-bus yang disekitar TMII (Mereka berdua fanatik bus)
           Setelah sholat zhuhur, kami menuju ke Skyworld di TMII. Seluruh kelas 7 disambut oleh panitia Skyworld dan kita menuju auditorium. Disana kami ditunjukkan video yang menarik tentang alam semesta dan video itu membuat kita menyadari betapa kecilnya bumi dan kita terhadap alam semesta yang amat luas dan kuatnya Tuhan Yang Maha Esa untuk membuatnya.
          Video itu juga menginformasikan kita lebih banyak tentang alam semesta yang amat luas, seperti kondisi dalam planet-planet dan jarak planet-planet itu dari bumi. Kita juga diinformasikan tentang planet-planet kerdil yang berada di alam semesta.
          Setelah kita menonton video introduksi Skyworld, kami ditujukan ke semacam museum yang berisi replika roket-roket buatan dunia, contoh roket-roket yang ada disana adalah: Falcon 9 buatan SpaceX, Space Shuttle Challenger buatan NASA, N1 yang dibuat oleh Uni Soviet (Roket yang paling kuat se-dunia), dll.
          Kita juga mengunjungi mitos-mitos tentang alam semesta, dan kita juga mempelajari jarak-jarak planet lain dari bumi, diameternya, masa revolusinya dan masa rotasinya. Ada juga tokoh astronot-astronot dari dunia, tokoh calon astronot di Indonesia berupa: Rizman A. Nugraha, Pratiwi Sudarmono, dll.
          Lalu, kami melihat lebih dalam tentang Sci-fi (Science Fiction) yang berada di luar angkasa. Seperti series yang terkenal, yaitu: Star Wars, Star Trek, dll. Setelah itu, kami menuju ke sinema (Cinema) 5D. Disana kami menaiki roller-coaster, dan rasanya sangat asli, dengan efek-efek seperti air memuncrat dari kursi, kursi bergoyang dan bergetar, Surround Sound, dan kacamata 3D yang membuat itu seperti kejadian yang kami lihat di dunia asli.

Sebelum kita pulang, kita menuju ke planetarium yang berada di Skyworld. Disana kita mempelajari tentang zodiak-zodiak bintang, galaksi-galaksi, dll. Dan setelah itu kami menuju ke bus, sholat Ashar dan Maghrib. Kita sampai pada SMP Labschool Jakarta lagi pada sekitar pukul 19.00 atau jam 7 malam.

Popular posts from this blog

Liburan Pada Awal Tahun 2018

Liburan Pada Awal Tahun 2018        Saya sangat sedih bahwa liburan panjang yang telah kita alami dengan sangat lama sudah berakhir, tetapi pasti ada kenangan yang terbuat pada liburan yang sangat panjang itu. Karena itu, saya akan menceritakan tentang masa-masa saat saya menuju ke liburan panjang dan kenangan saya saat liburan panjang ini.           Pada 22 Desember 2017, siswa-siswi kelas 7 SMP Labschool Jakarta mengadakan pameran buku dimana semua orang bisa membeli karya-karya kelas 7 dan menikmatinya. Setelah pameran buku diadakan, saya mengambil rapor bersama orang tua saya. Saya diberi tahu bahwa seluruh siswa SMP Labschool Jakarta mendapatkan libur panjang dari tanggal 22 Desember sampai 7 Januari 2018 atau sekitar 2 minggu.          Saat minggu pertama pada liburan panjang saya, saya hanya pergi ke tempat-tempat sekitar seperti mall, café, restoran, dll. Namun, saya dikabarkan bahwa saya, kakak saya, dan te

Mengenal Angklung, Warisan Musik Tradisional Asli Sunda

Mengenal Angklung, Warisan Musik Tradisional Asli Sunda sumber:uzone.id Angklung, alat musik asli Sunda ini adalah salah satu warisan budaya yang harus dijaga kelestariannya. Berasal dari Kabupaten Kuningan, alat musik yang terbuat dari bambu ini sudah diakui UNESCO sebagai peninggalan budaya dunia milik Indonesia. Tak kenal, maka tak sayang. Agar lebih mencintai warisan yang sangat berharga ini, yuk mengenal angklung lebih dalam. Banyak fakta unik yang mungkin selama ini kamu belum tahu tentang alat musik ini, dan semuanya akan dibahas di sini. Sejarah Angklung Tidak ada catatan pasti tentang kapan tepatnya angklung diciptakan. Namun sejarah mencatat bahwa pada abad ke-12, alat musik ini sudah mulai dipergunakan, yaitu pada masa Kerajaan Sunda berdiri. Alat musik ini dipercaya sebagai pemanggil Dewi Sri untuk memberikan kesuburan bagi tanah pertanian. Biasanya, angklung dibuat dari bambu hitam dan bambu ater dengan berbagai jenis ukuran yang menghasilkan musik berbed

Cara Membuat Blog

Blog merupakan ‘versi lain’ dari  web , biasanya bersifat lebih  personal  namun tidak terbatas oleh ruang lingkup tertentu. Artinya  blog  bisa membahas apapun, bersifat fleksibel dan menjadi tempat non formal untuk berbagi informasi.  Blog  itu tidak mahal, sobat Trenogoers yang ingin membuat  blog  gratisan, bisa kok, mau tau caranya? Coba ikuti panduan pemula berikut ini. Di panduan pemula edisi minggu ini TRL akan pandu sobat yang ingin memiliki  blog  gratisan dari Blogger.com. Tanpa basa-basi lagi, yuk langsung masuk ke langkah pertama. Buka halaman web  Blogger.com , Anda akan menemukan halaman dengan tampilan seperti gambar di bawah ini. Jika Anda sudah memiliki akun Google, silahkan langsung  login  dengan memasukkan alamat  email  dan kata sandi di kotak yang sudah disediakan. Jika belum, silahkan klik  Create an Account  terlebih dahulu.         Info Menarik:  Yuk Ikuti Kuis dari Baidu Browser dan Dapatkan Kado Untuk Hari Valentine Isi data dan informasi yang di